welcome to my blog
Powered By Blogger

Total Tayangan Halaman

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
metro, lampung, Indonesia
ayo pada gabung ke blog ni....

Pengikut

RSS

Belalang dan Anjing

Di suatu hutan, hiduplah seekor belalang muda yang cerdik. Belalang muda ini
adalah belalang yang lompatannya paling tinggi diantara sesama belalang yang
lainnya. Belalang muda ini sangat membanggakan kemampuan lompatannya ini.
Sehari-harinya belalang tersebut melompat dari atas tanah ke dahan-dahan
pohon yang tinggi, dan kemudian makan daun-daunan yang ada di atas pohon
tersebut. Dari atas pohon tersebut belalang dapat melihat satu desa di
kejauhan yang kelihatannya indah dan sejuk. Timbul satu keinginan di dalam
hatinya untuk suatu saat dapat pergi kesana. Suatu hari, saat yang
dinantikan itu tibalah. Teman setianya, seekor burung merpati, mengajaknya
untuk terbang dan pergi ke desa tersebut. Dengan semangat yang meluap-luap,
kedua binatang itu pergi bersama ke desa tersebut.


Setelah mendarat mereka mulai berjalan-jalan melihat keindahan desa itu.
Akhirnya mereka sampai di suatu taman yang indah berpagar tinggi, yang
dijaga oleh seekor anjing besar. Belalang itu bertanya kepada anjing,
"Siapakah kamu, dan apa yang kamu lakukan disini?" "Aku adalah anjing
penjaga taman ini. Aku dipilih oleh majikanku karena aku adalah anjing
terbaik di desa ini" jawab anjing dengan sombongnya. Mendengar perkataan si
anjing, panaslah hati belalang muda.Dia lalu berkata lagi "Hmm, tidak semua
binatang bisa kau kalahkan. Aku menantangmu untuk membuktikan bahwa aku bisa
mengalahkanmu. Aku menantangmu untuk bertanding melompat, siapakah yang
paling tinggi diantara kita". "Baik", jawab si anjing. "Di depan sana ada
pagar yang tinggi. Mari kita bertanding, siapakah yang bisa melompati pagar
tersebut". Keduanya lalu berbarengan menuju ke pagar tersebut. Kesempatan
pertama adalah si anjing. Setelah mengambil ancang-ancang, anjing itu lalu
berlari dengan kencang, melompat, dan berhasil melompati pagar yang setinggi
orang dewasa tersebut tersebut.

Kesempatan berikutnya adalah si belalang muda. Dengan sekuat tenaga belalang
tersebut melompat. Namun ternyata kekuatan lompatannya hanya mencapai tiga
perempat tinggi pagar tersebut, dan kemudian belalang itu jatuh kembali ke
tempatnya semula. Dia lalu mencoba melompat lagi dan melompat lagi, namun
ternyata gagal pula. Si anjing lalu menghampiri belalang dan sambil tertawa
berkata ,"Nah belalang, apa lagi yang mau kamu katakan sekarang ? Kamu sudah
kalah". "Belum", jawab si belalang. "Tantangan pertama tadi kamu yang
menentukan. Beranikah kamu sekarang jika saya yang menentukan tantangan
kedua ?" "Apapun tantangan itu, aku siap" tukas si anjing. Belalang lalu
berkata lagi, "Tantangan kedua ini sederhana saja. Kita berlomba melompat di
tempat. Pemenangnya akan diukur bukan dari seberapa tinggi dia melompat,
dari diukur dari lompatan yang dilakukan tersebut berapa kali tinggi
tubuhnya".

Anjing kembali yang mencoba pertama kali. Dari hasil lompatannya, ternyata
anjing berhasil melompat setinggi empat kali tinggi tubuhnya. Berikutnya
adalah giliran si belalang. Lompatan belalang hanya setinggi setengah dari
lompatan anjing, namun ketinggian lompatan tersebut ternyata setara dengan
empat puluh kali tinggi tubuhnya. Dan belalang pun menjadi pemenang untuk
lomba yang kedua ini. Kali ini anjing menghampiri belalang dengan rasa
kagum. "Hebat. Kamu menjadi pemenang untuk perlombaan kedua ini. Tapi
pemenangnya belum ada. Kita masih harus mengadakan lomba ketiga", kata si
anjing. "Tidak perlu", jawab si belalang. "Karena pada dasarnya pemenang
dari setiap perlombaan yang kita adakan adalah mereka yang menentukan
standard perlombaannya. Pada saat lomba pertama kamu yang menentukan
standard perlombaannya dan kamu yang menang. Demikian pula lomba kedua saya
yang menentukan, saya pula yang menang.

INTINYA ADALAH, KAMU DAN SAYA MEMPUNYAI POTENSI DAN STANDARD YANG BERBEDA
TENTANG KEMENANGAN. ADALAH TIDAK BIJAKSANA MEMBANDINGKAN POTENSI KITA DENGAN
YANG LAIN. KEMENANGAN SEJATI ADALAH KETIKA DENGAN POTENSI YANG KAMU MILIKI,
KAMU BISA MELAMPAUI STANDARD DIRIMU SENDIRI.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

silahkan berkomentar apa saja